yrDJooVjUUVjPPmgydgdYJNMEAXQXw13gYAIRnOQ
Bookmark

Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas 5 SD Fase C

Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas 5 SD Fase C

 Kurikulum Merdeka merupakan Kurikulum yang baru diresmikan pada Tahun ajaran 2023/2024. Ada beberapa hal baru dan berbeda dari Kurikulum sebelumnya yaitu Projek P5. Lalu apa itu projek P5 atau Projek Pancasila tentu kita sebagai pendidik yang baru akan melaksankan atau baru melaksanakan masih bingung tentang apa itu Projek P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Nah di dalam artikel kali ini kami akan membahas secara singkat tetang pelakasanaan Proyek Pancasila di Kurikulum Merdeka

Pengertian Projek P5

Projek P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan pembelajaran litas disiplin ilmu yang menggabungkan beberapa mata pelajaran dan ketrampilan tertentu. Kegiatan Proyek ini dirancang untuk mencapai tujuan kompetensi yang sesuai dengan karakter pancasila. Kegaiatan pembelajaran dalam proyek P5 juga lebih mengacu pada pengalaman belajar langsung peserta didik yang mengacu pada kebiasan dan kebutuhan kondisi lingkungan yang dipadukan dengan kebutuhan secara global.

Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Tentu dalam penyusnan modul proyek pancasila ada beberapa hal yang perlu dicermati diantaranya adalah kegiatan yang direncanakan minimal harus sudah dikenal atau diketaui siswa agar dalam pelaksanaan baik guru dan peserta didik tidak kesulitan dalam menceran materi yang akan dicapai.

Langkah berikutnya adalah menentukan tema kegiatan / projek yang akan dilaksanakan. Untuk tema setiap jenjang diberi pelihan berbeda – beda. Untuk Jenjang SD/MI diberi kesempatan memilih 2 tema dalam satu tahun sedangkan untuk jenjang SMP dan SMA bisa memilih 4 tema dalam satu tahun. Untuk tema Kemendikbud telah memeberikan beberapa alternatif yang cocok dengan karakter peserta didik yaitu :
  1. Gaya Hidup Berkelanjutan (SD‒SMA/SMK)
  2. Kearifan lokal (SD, SMP, SMA/SMK)
  3. Bhinneka Tunggal Ika (SD, SMP, SMA/SMK)
  4. Bangunlah Jiwa dan Raganya (SMP‒SMA/SMK)
  5. Suara Demokrasi (SMP‒SMA/SMK)
  6. Berekayasa dan Berteknologi untuk Membanguan NKRI (SD,SMP,SMA/SMK)
  7. Kewirausahaan (SD,SMP,SMA/SMK)
Tahapan pelaksanaan Projek

Modul projek Kelas V ini berisi tentang penguatan profil pelajar Pancasila dan merupakan dokumen yang berisi :
  1. Tujuan pelaksanaan projek
  2. Langkah kegiatan
  3. media pembelajaran,
  4. asesmen / penilaian
urutan penyusunan ini merupakan langkah -langkah yang dibutuhkan untuk melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Untuk komponen dalam modul Projek profil Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas 5 SD setiknya harus dilengkapi dengan komponen yang menjadi dasar penyusunan modul yang dibutuhkan untuk kelengkapan pelaksanaan pembelajaran.
Untuk komponen yang harus terdapat di dalam modul P5 setiknya mencakup :
Identitas Modul
  1. Penulis
  2. Fase
  3. Kelas
  4. Tema
  5. Judul projek
  6. Alokasi waktu
Tujuan
  1. Pemetaan dimensi (Sub judul)
  2. Elemen (Karekter umum P5)
  3. sub elemen ( tujuan karakter pokok yang akan dicapai )
Aktivitas
  1. Alur aktivitas projek profil secara umum (jadwal kegiatan per minggu)
  2. Penjelasan detail tahapan kegiatan
  3. asesmen

Asesmen
  1. Progress pelaksanaan
  2. Refleksi
  3. Raport penilaian
Download contoh Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas 5

Untuk lebih jelas dan detailnya tentang penyusunan Modul Projek Kelas 5 Fase C, berikut ini akan kami bagikan link download Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase C Kelas 5. Modul – modul ini merupakan referensi yang masih perlu pengembangan dan penyesuaian terhadap kondisi siswa dan lingkungan tempat mengajar masing – masing.

Modul Proyek FASE C SD Kelas V

  1. Fase C – Gaya Hidup Berkelanjutan ( Unduh Disini)
  2. Fase C – Kearifan lokal ( Unduh Disini )
  3. Fase C – Bhinneka Tunggal Ika ( Unduh Disini)
  4. Fase C – Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI ( Unduh Disini)
  5. Fase C – Kewirausahaan

Posting Komentar

Posting Komentar